Rabu, 14 November 2018

CONTOH PERUSAHAAN GLOBAL




PERUSAHAAN GLOBAL
“PT Dua Kelinci”


Nama   : Siti Arini
NPM   : 16215599
Kelas   : 4EA36



A.   Pendahuluan
Perusahaan Global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi). Biasanya perusahaan Global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.
Salah satu perusahaan di Indonesia yang sudah global yaitu PT Dua Kelinci. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa camilan adalah suatu hal yang sudah mendarah daging di Indonesia. Penduduk Indonesia pasti menyediakan kudapan pada saat menonton tv, begadang, atau kegiatan lainnya baik waktu sendiri maupun bersama teman dan keluarga. Kacang adalah salah satu camilan favorit penduduk Indonesia dari berbagai kalangan.
Dua Kelinci hadir untuk menjawab kebutuhan penduduk Indonesia yang gemar makan camilan. Kami memiliki banyak varian kacang yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Kacang panggang dan kacang bersalut diciptakan untuk Anda yang menyukai kacang olahan tradisional. Mix Nut dan Lofet disediakan bagi Anda yang lebih memilih kudapan sehat. Selain itu, Anda juga dapat memilih kacang koro atau kacang polong dari Dua Kelinci untuk variasi snack kacang lainnya.
Tidak hanya kacang-kacangan, Dua Kelinci juga menciptakan dan memproduksi camilan lainnya seperti Krip Krip, keripik multigrain sehat dengan tiga rasa berbeda, Tic Tac yang dapat digunakan sebagai camilan maupun lauk, dan Deka Wafer serta Deka Crepes, makanan ringan manis dari Dua Kelinci.
Inovasi adalah salah satu nilai utama dari Dua Kelinci. Kami tidak pernah berhenti untuk menciptakan makanan ringan yang akan digemari oleh seluruh penduduk Indonesia. Oleh karenanya, upaya kami untuk selalu berkembang tidak akan berakhir karena kami tetap ingin menjawab kebutuhan camilan dari penduduk Indonesia.


B.   Tentang PT Dua Kelinci

Visi dan Misi
·         Visi:
Menjadi produsen makanan ringan paling populer di Indonesia, dan akan menjadi pelopor kesempurnaan dalam metode pengolahan makanan dan etika bisnis.
·         Misi:
Untuk mencapai visi tersebut, PT Dua Kelinci terus akan berusaha untuk:
  • Meningkatkan daya saing dengan fokus pada kualitas, efisiensi dan perbaikan teknologi.
  • Bekerja secara konsisten untuk meningkatkan kinerja dan memperkuat merek perusahaan dengan memanfaatkan jaringan dan memperluas distribusi global kami.
  • Bersaing dalam kualitas dengan menjadi efisien dan menerapkan teknologi baru, dan tetap responsif terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia dan internasional.
pada Agustus 2010, Dua Kelinci dan klub sepak bola Real Madrid telah menandatangani ikatan kerjasama yang membuat dua kelinci menjadi official sponsor real Madrid di Indonesia. Persetujuan itu memperbolehkan Dua Kelinci untuk menggunakan dan memanfaatkan logo Madrid untuk pro,osi di Indonesia. Kerjasama ini telah membantu menguatkan Citra Dua Kelinci sebagai pemimpin produsen makanan ringan yang membantu brand Dua Kelinci di pasar Internasional.
C.   Sejarah Dua Kelinci
Sejarah Dua Kelinci berawal dari kiprah dua tokoh yakni Hoe Sie Ak dan Lauw Bie Giok. Awalnya, Ho Sie Ak dan Lauw Bie Giok membuat pabrik kacang kemasan untuk menampung hasil panen para petani. Pada 1972, kacang kemasan itu diberi merk ‘Sari Gurih’ dengan logo gambar dua kelinci, yang ternyata bertahan dan melegenda hingga hari ini.
Sari Gurih pun berkembang pesat. Pada 1982, Sari Gurih berganti nama menjadi Dua Kelinci. Merk ini kemudian mendapatkan hak paten pada 1985 dan perusahaannya diberi nama PT Dua Kelinci.
Dua bersaudara Ali Arifin dan Hadi Sutiono kemudian memperbaharui bisnis Dua Kelinci, dari produsen makanan kemasan menjadi pabrik pengolahan berteknologi tinggi. Keduanya fokus pada bisnis pengolahan komoditas kacang asli Indonesia, khususnya yang dihasilkan di sekitar Pulau Jawa dan Bali.
Saat ini PT Dua Kelinci dikenal sebagai perusahaan besar dengan produk-produk yang inovatif. Selain kacang kulit, Dua Kelinci juga memproduksi kacang berbagai rasa, kacang bersalut tepung atau bumbu serta beragam jenis makanan lainya.
Kronologi
1972
Bisnis mengemas kacang dimulai oleh tim suami dan istri Bpk Ho Sie Ak dan Ibu Lauw Bie Giok dengan merek “Sari Gurih” dengan logo dua kelinci
1982
Nama merek berubah dari “Sari Gurih” menjadi “Dua Kelinci”
1985
PT Dua Kelinci dibentuk sebagai perusahaan yang terdaftar pada tanggal 15 Juli di Pati, Jawa Tengah oleh generasi kedua, Bapak Ali Arifin dan Bapak Hadi Sutiono.
2000
Pengembangan produk dimulai, dan teknologi mesin produksi dan peralatan terkini mulai diperkenalkan.
2006
Pengembangan produk gandum dan sereal baru dimulai.
2007
Mulai menerapkan standar kualitas internasional, keamanan pangan dan standar halal untuk semua produk untuk mengembangkan visi menjadi yang terbaik di bidang makanan dan minuman.

2012
“Change To Focus” adalah spirit utama kami pada tahun ini. Hal ini ditandai dengan penambahan SDM yang berkualitas kedalam tim kami agar Dua Kelinci terus maju untuk melakukan pembaharuan yang bernilai. Pembaharuan tersebut tidak hanya berupa peningkatan kualitas produk tetapi juga peningkatan kualitas pelayanan ketika kami berinteraksi dengan pasar dan konsumen secara langsung.



D.   Pangsa Pasar
Kekuatan utama PT Dua Kelinci adalah fokus pada performa tinggi serta manajemen yang inovatif. PT Dua Kelinci berupaya menjadi brand kelas dunia dengan terus memperkuat jaringan lokal dan global.
PT Dua Kelinci telah berhasil mengekspor produk asli Indonesia berkualitas melalui jaringan distribusi global yang luas. Pangsa pasar PT Dua Kelinci tersebar di Asia, Australia, Afrika, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.

Jaminan Kualitas

Demi memenuhi kepuasan konsumen, seluruh produk Dua Kelinci diproses dengan cara terbaik, melalui standar pengawasan yang ketat. Pengawasan dilakukan secara khusus oleh Divisi Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA) yang menerapkan standar ketat, mulai dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk jadi.
Sebagai bukti, Dua Kelinci dianugerahi sertifikat HAACP, Good Manufacturing Practices, Quality Management System ISO 9001: 2008, dan Food Safety Management ISO 22000: 2005.
Komitmen Dua Kelinci
  • Menghasilkan produk terbaik adalah komitmen kami
Produk Dua Kelinci dibuat dengan cara terbaik sehingga kualitas dan kehalalannya terjamin. Seluruh proses produksi Dua Kelinci memenuhi kaidah ramah lingkungan. Komitmen menghasilkan produk terbaik itu diwujudkan dengan menjalankan proses yang tepat dari hulu sampai hilir.
  • Wujud Komitmen Dua Kelinci
Sebagai produsen makanan dan minuman, PT Dua Kelinci mengutamakan kualitas produk yang dibuat dengan cara terbaik, higienis, dan halal. Dua Kelinci selalu meningkatkan standar produksi dan daya saing dengan mengaplikasikan teknologi termutakhir, riset, serta sumber daya manusia yang unggul. Dua Kelinci menjalankan bisnis yang sinergis dengan lingkungan dan komunitas, yang diwujudkan melalui program Corporate Social Responsiblity (CSR).

Proses Teknologi

Menerapkan Teknologi Tinggi
Sebagai bentuk untuk menunjang produksi, PT Dua Kelinci memiliki fasilitas penelitian canggih, termasuk laboratorium mikrobiologi, kimia makanan, pengujian organoleptik hingga pengolahan limbah. Laboratorium tersebut dijalankan oleh staf dan para ahli teknologi pangan serta mikrobiologi yang berpengalaman. Laboratorium Dua Kelinci juga memiliki jaminan mutu internasional.
Perolehan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah dibuktikan oleh PT Dua Kelinci sebagai wujud komitmen untuk terus memberikan produk yang terbaik bagi para konsumen. Setiap bahan yang diolah dan proses pembuatannya pun juga telah meraih sertifikasi khusus yang membuktikan bahwa produk PT Dua Kelinci adalah produk yang berkualitas tinggi.
E.    Analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat )
Faktor Internal
Kekuatan (Strength)
Kelemahan (Weakness)
Memiliki standar ISO 9002 dan standar HACCP
produk kacang brand/ competitor lain lebih melekat dihati masayarakat
Strandar quality control yang ketat
Pernah dituduh membohongi konsumen dengan iklan bebas kolestrolnya
Terus melakukan pengembangan dan diferensiasi produk

mengadakan wisata industry

Memiliki lebih kurang 10.000 grosir yang tersebar di seluruh nusantara

Faktor Eksternal
Peluang (Opportunity)
Ancaman (Threat )
Menggandeng klub sepakbola asal spanyol Real Madrid
Adanya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama 
Mengundang ribuan grosir dalam acara wisata industri
Bahan baku menjadi minim dan langka sewaktu-waktu
Pengembangan produk selain kacang 
Pemasok bahan baku pindah ke PT yang bergerak dibidang yang sama
SDM yang potensial

Menggali informasi kepada konsumen

Bekerjasama dengan PT. Garuda Indonesia untuk menyediakan makanan ringan selama perjalanan


F.    Berbagai Macam Produk Dua kelinci

Ragam produk Dua Kelinci meliputi :
  • Kacang kulit, yaitu: kacang garing Dua Kelinci, kacang garing Supernut, Kacang Sangrai dan Kacang Rasa Bawang Putih (Garlic Nut)
  • Kacang bersalut tepung, seperti Shanghai Deka, Hot Nut, Katom dan Sukro
  • Produk kacang rendah lemak bermerek Lofet
  • Produk makanan ringan berbahan dasar tepung, seperti Tictac, Krip Krip dan My Corn
  • Produk biji-bijian/serealia seperti :
    • Kacang koro dengan merek Koroku dan Rege Koro
    • Kacang polong dengan merek Polongmas, Polongku dan Rege Polong
    • Biji jagung dengan merek Morning
  • Produk minuman dengan merek Sir Jus dan Jus Cup
Saat ini, produk-produk Dua Kelinci telah diekspor ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Hongkong, Thailand, Filipina, China, Australia, Amerika Serikat, Canada, Belanda, Saudi Arabia dan lain-lain.

G.   Bakti Kami
Dukungan kami bagi masyarakat lokal bervariasi, dengan Program CSR yang berjalan sepanjang tahun, dan sejumlah proyek khususnya di Pati. Dua Kelinci merupakan sumber kebanggaan lokal yang sangat besar kepada masyarakat Pati.

ü  Pelestarian Lingkungan

PT Dua Kelinci bukan sekedar mengutamakan bisnis semata. Perusahaan juga berkomitmen memberi kontribusi ke lingkungan alam dan sosial.
Perhatian pada lingkungan menjadi salah satu prioritas kepedulian Dua Kelinci. Seperti diketahui, kepedulian pada lingkungan terus meningkat seiring merosotnya daya dukung bumi. Untuk itu, Dua Kelinci terus melakukan aksi kepedulian lingkungan seperti menekan polusi air, mengolah limbah dengan bijak, serta penghematan energi dan emisi.
Berikut beberapa aksi tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Dua Kelinci :
  • Konservasi Air
Konservasi air merupakan bagian dari program lingkungan CSR Dua Kelinci. Program ini berupa terobosan untuk mengurangi pemakaian air sekaligus melindungi air tanah.
Seperti diketahui, air sangat dibutuhkan dalam proses produksi kacang antara lain untuk pencucian. Limbah air dari setiap tahap pencucian Dua Kelinci akan disalurkan ke kolam filtrasi sehingga air dapat didaur ulang dan digunakan kembali.
Kualitas air hasil filtrasi ini telah teruji dengan indikasi antara lain ikan-ikan dapat hidup dengan sehat di kolam penamoungannya. Adapun endapan tanah organik dari filtrasi akan didaur ulang kembali ke tanah
  • Manajemen Limbah
Proses pengolahan kacang kulit menghasilkan limbah tanah dan limbah organik. Limbah ini dikembalikan dan disebarkan ke tanah dengan cara sedemikian rupa sehingga tidak mencemari tanah dan tetap bermanfaat bagi lingkungan.
Setiap tiga bulan sekali instansi yang berwenang akan menguji lokasi di mana sedimen tanah dari kolam filtrasi disebarkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sedimen tersebut tidak berbahaya bagi tanah dan sumber air tanah.
Perusahaan juga berupaya optimal untuk mengurangi semua bentuk limbah dari proses pengemasan dan operasional kantor. Untuk itu dilakukan perbaikan proses kerja, pelatihan karyawan, dan pada umumnya membudayakan semangat “kantor dengan pemakaian lebih sedikit kertas”.
  • Hemat Energi
Program hemat energi dijalankan mulai dari proses hulu produksi. Dua Kelinci mengurangi penggunaan batubara dalam proses pemasakan dan menggantinya dengan pemanfaatan energi CNG (Compressed Natural Gas). Pilihan ini  mengurangi emisi karbon secara signifikan.
Pemasangan lampu hemat energi di seluruh area pabrik, kantor, perumahan, dan bangunan juga dilakukan untuk menghemat biaya dan mengurangi pemborosan energi.
Agenda lebih penting lagi adalah membangun kesadaran karyawan tentang pentingnya konservasi energi dan perilaku hemat energi melalui hal-hal sederhana. Perilaku hemat energi itu seperti mematikan lampu atau alat listrik lainnya bila tidak diperlukan, dan sebagai gantinya mengoptimalkan cahaya dari ventilasi alami mengikuti desain.

 

ü  Program Kemanusiaan

Dua Kelinci merupakan kebanggaan kota Pati, Jawa Tengah. Dukungan masyarakat Pati selama ini sangat signifikan dalam  membesarkan Dua Kelinci. Sebaliknya, Dua Kelinci juga balik memberikan  kontribusi untuk Pati dengan cara antara lain memberdayakan masyarakat Pati melalui segenap program sosial ekonomi.
  • Pemberdayaan Masyarakat
Dua Kelinci mencanangkan program bagi pelajar sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas. Program ini mengundang mereka berkunjung ke “Kampus DK” di mana mereka dapat belajar banyak tentang pabrik, proses produksi kacang dan kudapan lainnya, termasuk bagaimana praktik bisnis yang baik. Kampus DK pun kerap mengundang pemuka masyarakat dan pimpinan organisasi di Pati.
  • Pemberdayaan Karyawan
Dua Kelinci mendesain tempat kerja dengan standar kenyamanan yang tinggi bagi karyawannya. Karyawan juga mendapat keleluasaan untuk memberikan masukan perbaikan kondisi tempat kerja. Dari sisi kesehatan, layanan dokter disediakan secara cuma-Cuma. Untuk pendidikan ada program beasiswa sekolah untuk anak-anak karyawan.
Seluruh karyawan Dua Kelinci diberikan kemudahan memiliki rumah melalui pinjaman tanpa bunga dari perusahaan. Di bidang peningkatan pengetahuan dan keterampilan, Dua Kelinci selalu mengirimkan karyawannya mengikuti berbagai seminar dan pelatihan.
  • Program Kemanusiaan
Dua Kelinci selalu memberi bantuan kemanusiaan setiap terjadi bencana besar di Indonesia. Dalam satu dekade terakhir, beberapa gempa besar dengan korban banyak terjadi di Indonesia. Dua Kelinci telah mengirimkan bantuan ke daerah-daerah terkena gempa tersebut, baik dalam bentuk tenaga sukarelawan maupun makanan, minuman, dan bantuan medis.
Dalam kondisi normal, Dua Kelinci juga rutin menggelar program-program kemanusiaaan. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Dua Kelinci menggelar aksi donor darah sebanyak empat kali dalam setahun. Aksi donor darah  mengambil lokasi di pabrik Dua Kelinci, Pati.  Tahun lalu, sejumlah 400 karyawan menyumbangkan darah melalui kegiatan ini.
Panti asuhan pun tak luput dari perhatian Dua Kelinci. Selain donasi, setiap tahun Dua Kelinci mengundang anak-anak panti asuhan di Pati melakukan tur di pabrik Dua Kelinci sambil menikmati hiburan dan produk-produk Dua Kelinci.
ü  Wisata Industri
Keberhasilan PT. Dua Kelinci menjadi kebanggaan Indonesia dengan menyuguhkan kualitas dunia, merupakan sebuah perjalanan yang panjang dan penuh inspirasi. Sebagai perusahaan profesional dengan local value yang terpelihara dengan baik, PT. Dua Kelinci menyadari jalinan persahabatan dan komunikasi yang kuat dengan masyarakat luas pada umumnya, adalah hal yang mutlak. Wisata industri merupakan gagasan unik dan kreatif dari PT. Dua Kelinci dalam berbagi dengan masyarakat umum. Komunikasi interaksi dikemas secara ringan dalam nuansa rekreasi, namun sarat ilmu pengetahuan dan nilai sejarah yang sangat menginspirasi. Di wisata industri ini, PT. Dua Kelinci memberikan secara gratis pengalaman dan pengetahuan dimana masyarakat dapat mengenal lebih dalam tentang dunia bisnis atau industri makanan dan minuman yang profesional dan berkualitas, menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menumbuhkan jiwa kebanggaan dan kecintaan terhadap produk unggulan dalam negeri. Dengan berbagi, PT. Dua Kelinci percaya akan memajukan nilai budaya dan kekayaan lokal menjadi kebanggaan nasional.









PENUTUP

A.   Kesimpulan
PT Dua Kelinci merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang  penyedia makanan ringan, yakni produk kacang garing. Dengan berkembangnya bisnis,  pada tanggal 15 Juli 1985, didirikanlah PT Dua Kelinci yang kini menjelma menjadi  produsen kacang terkemuka di Indonesia dengan menerapkan sistem manajemen kualitas produk berstandar internasional. Dengan melihat hasil analisa SWOT faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan serta melihat faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman. Dapat disimpulkan bahwa PT Dua Kelinci memiliki lebih banyak kekuatan dan peluang.
Dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang baik, PT Dua Kelinci dapat terus mengembangkan usahanya ke berbagai pangsa pasar. Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Dua Kelinci sudah tepat, yakni mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia dan bahkan sudah merambah pemasarannya sampai ke luar negeri. PT. Dua Kelinci juga membidik konsumen mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan  berbagai macam produk yang dimiliki yang dapat dinikmati oleh konsumen dari segala umur.
PT. Dua Kelinci memperkenalkan produknya pada masyarakat lokal maupun internasional melalui sepakbola. Salah satunya menjadi sponsor resmi Real Madrid. PT. Dua Kelinci juga telah bekerjasama dengan PT. Garuda Indonesia dalam hal penyediaan makanan ringan selama perjalanan penerbangan. Ini merupakan salah satu cara promosi PT. Dua Kelinci untuk mengenalkan produknya di dalam dan luar negeri, dan strategi ini dianggap berhasil dan telah memberikan hasil yang positif.

B.   Saran
Adapun saran-saran yang dikemukakan adalah:
1.    Diharapkan Perusahaan selalu menunjang pertumbuhan perusahaan dan memperhatikan kondisi persaingan dengan yang semakin ketat karena munculnya perusahaan-perusahaan pesaing bisa menjadi ancaman serius bagi perusahaan.
2.    Diharapkan Perusahaan selalu menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan baik itu pengecer ataupun konsumen langsung.


Referensi        :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Tesis, AntiTesis, dan Sintesis

Contoh Tesis, AntiTesis dan Sintesis Nama                : Siti Arini NPM                : 16215599 Mata Kuliah    : Komunikasi...